Tuesday, April 19, 2016

Apply Visa Jepang Itu Mudah

Haloo semuanya...
Jumpa lagi yaa hehehe....kali ini aku mau sharing cara apply visa ke Jepang, karena tanggal 08 - 17 Maret 2016 kemarin adalah pertama kali aku dan suami jalan jalan ke Jepang dan tanpa menggunakan tour agent, kecuali untuk sewa wifi portable dan beli tiket Universal Studio Japan yang aku beli di HIS dan Panorama Tour.
Jadi ceritanya bulan April 2015 lalu aku maksa suami untuk datang ke acara Garuda Travel Fair (GATF) di JHCC . Karena sudah niat pengen banget ke Jepang gara gara satu dan lain hal, jalan jalan ke Jepang Januari 2013 kemarin batal, mana hangus semua baik tiket pesawat maupun DP hotel (hiks hiks...*nangisdipojokan* eh kok jadi curcol )
Dan di acara GATF itu ada promo PP ke Narita, Tokyo hanya 6jt saja perorang! Dan boleh cicil 0% selama 12 bulan menggunakan CC BNI, sebagai bank partner pada waktu itu. Tentu saja kesempatan itu gak aku lewatkan! Dan 2 tiket ke Tokyo pun sudah ditangan, melalui agen tour partner Garuda yaitu Panorama Tours.
Pada saat mendekati hari H (kurang lebih 10 hari sebelum keberangkatan, hoaa mepet banget ya!), aku baru apply visa dengan passport biasa ke kedubes Jepang. Sementara suami menggunakan e-passport jadi bisa dapat free visa dan prosesnya juga lebih mudah.
Untuk proses visa dengan passpor biasa ini juga cukup mudah kok, yang penting pastikan semua dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap, termasuk itinerary yang diisi di form resmi dari kedubes Jepang, dan tentu saja rekening koran 3 bulan terakhir berstempel bank bersangkutan. Ingat lho gak bisa cuma print out dari internet bangking atau buku tabungan tanpa stempel dari banknya, apalagi stempel dari RT/RW kamu hehehe...
Jadi lebih amannya silahkan datang ke customer service bank tersebut dan minta mbak atau si masnya print out rekening tabungannya, biasanya ada biayanya. Kalau aku kemarin di bank BCA dikenakan biaya 25 ribu rupiah perlembarnya.
Untuk biaya visanya sendiri sebesar 330rb IDR, kalo untuk e-passport biayanya free.
Untuk lengkapnya ini daftar dokumen yang dibutuhkan ya:
Untuk yang epassport cukup:
1. Epassport
2. Form Free Visa dari Kedubes Jepang (bisa download dari webnya)
3. FC KTP
4. Print out tiket PP (optional)
Untuk yang passport biasa:
1. Passport (masa berlaku minimal 6 bulan terakhir)
2. Formulir visa yg sdh ditempel pas foto 4,5x4,5
3. FC KTP
4. Print out booking tiket pesawat
5. Form itinerary (cukup isi nama kota, tgl, sm alamat hostel/hotelnya aja, gk usah detil)
6. FC KK
7. Bukti rekening tab. 3 bulan terakhir yg ada stempel banknya
8. Surat keterangan kerja dr kantor (asli)
9. Bukti print booking hotel (gk perlu bayar dulu via booking.com jg bisa)
Ini semua harus disusun berurutan letak dokumennya didalam map.
Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat di web resminya disini
http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_7.html.
Oh ya untuk mengurus visa dan mengambil visa jadwalnya berbeda ya. Kalau untuk apply visa jamnya adalah 08.00 - 12.00. Sedangkan untuk mengambil visa yang sudah selesai jamnya 13.30 - 15.00. Kantor kedubesnya sendiri lokasinya persis disebelah EX Plaza, jalan Thamrin (seberang Sarinah Thamrin). Jadi untuk yang bawa kendaraan disarankan parkirnya di EX saja ya karena lebih mudah.
Satu lagi selain rekening koran tabungan kita, untuk surat keterangan bekerja ternyata juga sangat penting karena ini menunjukkan kita sudah punya pekerjaan disini dan tidak akan menetap untuk menjadi imigran gelap disana. Jadi untuk yang self employee atau enterpreuner sebaiknya menggunakan e-passport saja untuk apply visanya, karena selain lebih mudah prosesnya juga tidak dibutuhkan surat keterangan bekerja & rekening koran. Tapiii...jika visa e-passport kita ditolak visanya (which is ini jarang banget terjadi) terpaksa harus apply visa manual seperti biasa.
Setelah menunggu kurang lebih 3 hari kerja, yes akhirnya visa jepangku sudah tertera dipassport, begitu juga suami. Japaan...here we come!




No comments: