Monday, December 03, 2012

My First Lunch Gathering with Openrice ID at Soup Restaurant

Tanggal 29 November kemarin adalah gathering pertama saya dengan openrice indonesia. Kali ini resto yg terpilih adalah di soup restaurant Kuningan City lantai 3, jakarta selatan. Begitu masuk sudah terasa ambience seperti street food dipinggiran kota tua cina. Keren juga buat foto - foto disitu lho. Suasananya dibikin seperti outdoor.
Oh ya, signature resto ini adalah Samsui ginger chicken, dengan 2 ukuran, S Rp. 80,000 & L Rp. 160,000. Sedikit cerita dibalik menu andalan resto ini, adalah Samsui (wanita - wanita pekerja peranakan cina singapura) yang hanya bisa menghidangkan masakan ini pada saat tahun baru cina. Keistimewaan menu ini adalah cara memasaknya dengan resep tradisional yang masih dipertahankan dan chef nya pun langsung didatangkan dari cina untuk menjaga orisinil dan keautentikan rasanya. Jadi gak akan nemu menu dengan rasa yang sama di chinese resto yang lain....
Cara memakannya dengan mencelupkan ayam ke dalam saus jahe lalu bungkus dengan daun selada. Hmm gak salah deh ini jadi menu andalan, ayamnya empuk banget, juicy, dan rasa bumbu ayamnya juga begitu pas. Pas dicelup kedalam jahenya juga jadi tambah kuat baik aroma dan rasanya. Tapi menurut saya kalo dimakan dengan seladanya jadi lebih netral rasanya, jadi saya memilih makan seladanya setelah saya makan ayam celup jahenya, seperti lalapan. Supaya saya bisa meresapi rasa dan aroma bumbu jahenya lebih lama.
Nasi olive ala teo chew Rp. 35,000++ Yaitu nasi yang dimasak dengan black olive Menurut mbak Dasya, marketing komunikasi Soup resto yang saat itu menemani kita makan, nasi olive ini baik untuk menjaga berat badan. Jadi yang pengen makan enak tapi tetep pengen diet, nasi olive ini bisa jadi pilihan. Awas ketagihan karena nasinya jadi enak banget, gurih dan pulen setelah dicampur black olive ini, sampe dimakan tanpa lauk pun juga bisa (already done kemarien cemilin nasi olive ini, xixixi).
Pocai saus tiram enoki Rp. 45,000++ Saus tiramnya oke, sayur dan jamur enokinya juga lumayan segar. Saya sampe bersihin kuahnya karena enyak, hehehe...
Tahu claypot Rp. 35,000++ Nah ini juga jadi salah satu menu favorit saya di soup resto. Tekstur tahunya lembutnya pas, gak hancur waktu disumpit, juga rasanya gurih dan sedikit manis. Enak banget. Ikan goreng penang Rp. 72,000++ Buat yang suka asam manis boleh dicoba pesen ini. Ikan gurame yang digoreng tepung terus disiram saus penang pas banget kalau dimakan sama nasi panas - panas. Rasa asam manisnya juga segar, gak terlalu asam dan gak terlalu manis, pas!
Tenderloin ala mongolian Rp. 75,000++ Ini juga jadi menu favorit saya. Daging sapi dengan saus mongolian yang sedikit pedas, tapi juga manis dan gurih. Potongan dagingnya crispy diluar tapi begitu digigit lembut didalam.
Tim waisan & akar ginseng dengan sup ayam Rp. 32,000++ Ini juga info dari mbak Dasya menjadi signaturenya Soup resto. Manfaat dari sup ini adalah mengembalikan stamina tubuh yang lelah dan membantu melepas stress (tertulis dibuku menu). Saat saya coba kuahnya segar, sangat terasa bumbu rempahnya, tapi sedikit pahit. Lalu pas saya coba cicipi ayamnya, dagingnya terasa pahit. Mungkin ini memang cocok untuk orang yang sedang dalam recovery kesehatannya ya, biar cepet sehat, hehehe... Tim scallop kering dengan sup ayam Rp. 45,000++ Dari yang saya baca dibuku menunya sih sup ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan melepas stress. Dibandingkan dengan tim waisan saya prefer rasa sup ini, segar, gak pahit, scallopnya agak kenyal sih tapi overall enak. Now it's time to try the dessert....
Kui Ling Kau Rp. 20,000++ Herbal jelly ini ternyata terbuat dari tempurung kura - kura. Ini juga jadi signaturenya Soup resto. Berbentuk seperti jelly dan dimakan dengan saus madu. Rasa sedikit pahitnya akan hilang diganti dengan manisnya madu. Enak banget, pas makan dingin - dingin. Sebenernya saya makannya sambil sedih karena membayangkan kura-kura itu harus berkorban tempurungnya diambil untuk dibuat dessert, tapi kok pas saya nengok ke mangkuknya eh sudah tinggal sedikit. Tinggal saya dipelototin sama temen sebelah saya karena kita sepakat dessertnya kan saling sharing, hehehe. Sayang saat saya tanya kura - kura apa yang dipakai waitersnya gak tahu. Harusnya saya tanya ke mbak Dasya langsung ya...hehehe. Btw ternyata dessert ini termasuk haram dikepercayaan saya karena kura kura dan tempurungnya termasuk hewan amphibi. Saya juga tahunya belakangan lho...aduuh maapkan yaa...
Jamur putih dengan ginkgo Rp. 20,000++ Dessert ini juga gak kalah unik, terdiri dari jamur putih dengan cacahan es batu dan buah ginkgo didalamnya, dituangi sirup gula. Seperti makan rumput laut jelly, manis dan segar. Well overall puas rasanya kali ini lunch gathering bareng openrice_id di Soup resto, Kuningan City. Selain bisa nambah temen - temen baru dan hadir juga food blogger diantaranya, juga menambah wawasan kuliner cina yang unik dan berbeda dengan cita rasa chinese food pada umumnya. So Soup resto sure i will back again! Terima kasih juga kepada openrice indonesia dan soup restaurant, such a great moment!

1 comment:

Ardi yansyah said...

wow kelihatannya enak bangeet sist !!, kalau Po Cai and Enokitake in Oyster Sauce suka gak sist? saya dapet gambarnya dari sini http://goo.gl/8aOuap :D